Jokowi akan mengubah pasar tradisional

Jokowi Sidak Pasar. Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo berbincang dengan pedagang pasar ketika melakukan inspeksi mendadak di Pasar Galur, Jakarta Pusat, Rabu (24/10). Jokowi menegaskan akan membangun kembali pasar tersebut dan menggratiskan sewa kios pasar itu.(ant)

Jakarta (Berita) : Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) berencana mengubah pasar-pasar Lokasi Binaan (Lokbin) Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) DKI hingga menyerupai supermarket atau hypermarket.
“Pasar-pasar Lokbin ini kondisinya sudah berantakan sekali, sangat kotor dan tidak terawat. Banyak yang harus diperbaiki. Pokoknya dijadikan supaya mirip seperti supermarket atau hypermarket,” kata Jokowi ketika mengunjungi Pasar Lokbin Cempaka Sari, Jakarta Pusat, Rabu(24/10).
Menurut Jokowi, pasar-pasar Lokbin di Jakarta harus dibersihkan, diperbaiki sekaligus ditata ulang sehingga pedagang dan warga sekitar semakin nyaman melakukan aktivitas jual beli.
“Jadi memang Pemprov DKI harus memperhatikan apa saja yang diperlukan para pedagang di pasar ini, seperti lapak-lapak baru dan sebagainya,” ujar Jokowi.
Jokowi mengungkapkan keinginan para pedagang di pasar Lokbin diantaranya lapak-lapak baru yang terbuat dari bahan stainless dan pemasangan keramik sehingga terlihat lebih bersih.
“Pokoknya mereka mau agar pasar Lokbin tidak kalah dengan supermarket atau hypermarket. Makanya saya akan meminta dinas terkait untuk segera merealisasikan keinginan mereka,” kata Jokowi.
Jokowi menambahkan konsep pasar Lokbin itu, antara lain harus bersih, tertata rapi dan tersedia tempat parkir. Dia juga mengusulkan agar ada pembagian tempat untuk pedagang lama dan pedagang baru.
“Agar semakin tertata, perlu ada pembagian lapak untuk pedagang lama dan pedagang baru. Misalnya, lantai satu, dua dan tiga diperuntukkan bagi pedagang lama, selanjutnya lantai tiga ke atas untuk pedagang baru,” ungkap Jokowi.
Selain Pasar Lokbin Cempaka Sari, hari ini Jokowi juga mengunjungi Pasar Lokbin Abdul Gani, Galur, Jakarta Pusat. Di tempat itu, Jokowi juga menyampaikan hal yang sama terkait perbaikan pasar Lokbin.(ant)


diambil dari http://beritasore.com